Sunday, November 27, 2016

Tempat Wisata Baru Danau Biru di Dekat Banjarmasin

Danau Biru 

Begitulah wisatawan muda menyebutnya objek wisata di dekat Banjarmasin ini, yang beberapa tahun belakangan menjadi booming setelah anak-anak muda KalSel memposting foto-fotonya di sosial media. Keindahannya sempat membuat warga kota Banjarmasin terheran-heran, bagaimana bisa ada danau indah berwarna biru kadang juga hijau seperti itu di sini ?!.

Lokasi Danau Biru

Dimana lokasi danau biru berada ?! Pertanyaan di atas tak bisa hanya di jawab dengan 1 lokasi, karena faktanya ada banyak versi Danau Biru di KalSel yang jadi objek wisata baru bagi warga kota. Berikut daftar beberapa lokasi Danau Biru yang jadi objek wisata Banjarmasin.

Danau Biru Liang Anggang 
Lokasi tempat wisata ini paling dekat ke kota Banjarmasin berjarak ± hanya 18km. Alamat Desa Tambak Padi, Kec. Beruntung Baru, Kabupaten Banjar. Danau Biru ini sangat luas dengan morfologi yang cukup landai.
Danau Biru Liang Anggang
Wisata danau banjarmasin
Wisata banjarmasin
Sumber foto : Google Maps

Danau Biru Tambak Padi
Masih berada di desa yang sama, yaitu Tambak Padi, hanya 1 km arah barat daya dari Danau Biru Liang Anggang.
Danau Biru Banjarbaru
Foto Google Maps

Danau Biru Parta
Lokasi Desa Paring Tali, Kec. Simpang Empat, Kabupaten Banjar. Berjarak cukup jauh dari Banjarmasin ± 2 jam perjalanan. Namun pemandangan singkapan lapisan geologi eksotis nan unik di danau biru ini mampu membayarnya, asyiknya lagi terdapat ikan-ikan kecil yang jadi penghuni danau ini. Tak berlebihan jika disebut-sebut mirip di lembah Colorado Amerika Serikat ;D
Wisata danau biru banjarmasin
Wisata baru danau biru banjarmasin
Wisata danau biru banjarmasin
Foto Google Maps

Danau Biru Pengaron
Berlokasi di Desa Mangkauk, Kec. Pengaron, Kabupaten Banjar. Jarak ± 55km dari Banjarmasin dengan topografi yang mirip dengan Danau Biru Parta.
Danau biru banjarmasin
Lokasi wisata banjarmasin
Danau biru wisata banjarmasin
Foto Google Maps

Danau Biru Cempaka
Lokasi Kelurahan Sungai Tiung, Kec. Cempaka, Banjarbaru. Jarak 36 km atau ± 1 jam perjalanan. Danau biru ini berukuran kecil namun tidak terlalu gersang untuk menjadi tempat wisata.
Wisata danau biru banjarmasin
Wisata danau biru di banjarmasin
Wisata danau biru banjarmasin
Foto Google Maps

Danau Seran
Adalah danau wisata di dekat Banjarmasin yang sangat populer saat ini. Berlokasi di Jalan Guntung Manggis, Landasan Ulin Timur, Banjar Baru. Jarak ± 35km dari pusat kota. Hamparan air danaunya sangat jernih dengan pulau kecil di tengah tempat wisatawan bersantai.
Foto Google Maps
Danau Caramin
Lokasinya persis di sebelah barat danau Seran. Sayang danau yang cukup luas ini kurang ramah karena wilayahnya paling tandus dan gersang.

Sejarah Danau Biru Kalimantan Selatan
Tahukah kamu ?! Danau Biru di Kalimantan Selatan ini muncul bukan oleh torehan alam, tapi dibuat manusia. Danau ini tercipta tidak secara alami, karena hasil dari bekas galian tambang, baik itu tambang pasir, batu bara atau galian intan yang cekungannya terisi air hujan. Lubang galian bekas tambang tersebut membuat view yang begitu indah dan mempesona kemudian dikelola sebagai wisata secara pribadi oleh warga setempat.

Pasir putih di dasar danau membuat warna airnya jadi biru jernih kadang hijau. Bahkan, warna airnya seperti terbagi dua, yaitu biru muda di pinggir yang tak begitu dalam dan biru tua jernih di bagian tengah yang lebih dalam.

Namun jangan lupa, danau ini terbentuk dari sisa penambangan yang ditinggalkan begitu saja tanpa dilakukan proses reklamasi. Aktivitas tambang berdampak kepada kerusakan dan perubahan bentang alam, dimana terjadi banyak danau buatan sebagai dampak dari aktivitas penambangan.
Protected by Copyscape Unique Content Checker