Wednesday, February 17, 2016

Cara Melihat Gerhana Matahari Total di Kalimantan Selatan dan Banjarmasin

Secara umum Gerhana Matahari Total Kalimantan Selatan dimulai pukul 07:23 WITA, puncaknya pukul 08:31 WITA dan berakhir pukul 09:48 WITA. Kota di Kalimantan Selatan yang bakal dilewati penampakan gerhana Matahari total (penutupan 100%) pada 9 Maret 2016 adalah Amuntai, Tanjung dan Paringin.
gerhana matahari total banjarmasin
Peta Magnitudo BMKG

Sementara Ibu kota Banjarmasin hanya mengalami penutupan 98%. Artinya hanya gerhana Total di Amuntai, Tanjung dan Paringin yang bisa disaksikan dengan cara tanpa alat pengaman atau mata telanjang.

Durasi totalitas (100%) hanya terjadi selama 1 - 2 menit mulai pukul 08:31 WITA. Saat menjelang totalitas langit berangsur gelap dan retina mata mulai melebar untuk menyesuaikan dengan cahaya sekitar. Tepat di saat cakram Matahari tertutup 100% oleh Bulan kamu bisa melihat dengan MATA TELANJANG, tapi melaui CARA KHUSUS. Perhatikan...

Waktu kamu melihat gerhana pada fase total pupil mata membuka maksimum dan bisa menyaksikan lidah korono Matahari, namun pupil tidak cukup cepat untuk menutup kembali saat kondisi cahaya berubah ke fase sabit, jadi cara ini hanya disarankan kurang dari 1 menit atau tepat sebelum cakram Bulan bergeser.

Saat Bulan telah bergeser keluar dari piringan Matahari, mata sangat sensitif terhadap sinar UV, 1% saja permukaan matahari yang terlihat dari bumi, sinar UV-nya akan langsung terpapar mata tanpa sempat pupil kita bereaksi. Matahari yang sudah terbuka oleh bulan meski 99% atau walau hanya berbentuk sabit sudah memiliki cukup energi untuk membutakan retina kita.

Untuk diluar 3 kota diatas, dihimbau untuk tidak melihat dengan cara mata telanjang karena gerhana matahari type sabit seperti di kota Banjarmasin mampu membakar retina mata jika dipaksa untuk menyaksikannya.

Untuk amannya bagi kota Amuntai, Tanjung dan Paringin, gunakan pengaman khusus kacamata gerhana matahari yang dijual di toko astronomi atau alternatif lain seperti kaca mata tukang las dengan tingkat kegelapan 12. Gunakan pengaman ini selama fase sebagian dan sabit lalu bisa dilepas saat fase 100% totalitas penutupan. DAN INGAT! hanya 1 menit JANGAN terlena, segera gunakan kembali kacamata sebelum Bulan bergeser dari fase total ke sabit.

Untuk wilayah kota Banjarmasin atau diluar 3 kota diatas yang penutupannya TIDAK 100%, gunakan kacamata pengaman ini sepanjang fase gerhana. Jangan mencoba melepasnya jika ingin aman melihat proses gerhana.

Silakan dibagikan ke rekan-rekan, karena Gerhana Matahari cukup berbahaya jika tidak dipahami.
Informasi lengkap seputar Gerhana Matahari Total bisa disimak di link ini Gerhana Matahari Banjarmasin
Protected by Copyscape Unique Content Checker