Wednesday, March 9, 2016

Wisata oleh oleh khas Banjarmasin di Menara Pandang Siring

Bangunan Menara Pandang di jalan Pierre Tendean kawasan Siring Sungai Martapura adalah salah satu ikon wisata menarik di kota Banjarmasin. Menara setinggi 21 meter berlantai empat dengan luas bangunan 13×35 meter ini diresmikan Juni 2014. Nah di sinilah kini terdapat pusat wisata oleh oleh khas Banjarmasin yang terletak di lantai tiga.
wisata banjarmasin
Foto oleh Pemkot Banjarmasin
Menara pandang Siring yang menjadi salah satu tempat untuk menikmati pemandangan keindahan sungai serta Kota Banjarmasin ini menjadi pilihan lokasi yang cukup tepat untuk pusat wisata oleh-oleh khas Banjarmasin. Mengingat di Menara Pandang ini juga telah tersedia layanan pusat informasi "Tourist Information Center" atau pusat informasi bagi wisatawan di lantai dua.

Melalui layanan pusat informasi "Tourist Information Center" Wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke sejumlah obyek wisata akan diarahkan ke biro perjalanan atau travel agent. Perjalanan akan didampingi pendamping atau guide.

Saat ini pusat wisata oleh oleh khas Banjarmasin yang terletak di lantai tiga baru menampung setidaknya 25 UKM ( Usaha Kecil Menengah ) yang menjajakan produk oleh-oleh dari sasirangan, tas purun, panganan, sampai kerajinan berbahan daur ulang yang sangat khas bercirikan Banjarmasin. Pemkot sendiri rencananya mampu menampung hingga 75 UKM.

Jika ke 75 UKM tersebut sudah bergabung semua, tentu pusat wisata oleh oleh khas Banjarmasin ini bakal ramai dan menyediakan banyak pilihan oleh-oleh bagi wisatawan dalam dan juga luar negeri. Tak hanya sasirangan atau kerajinan tangan namun juga produk inovatif anak muda banua dapat ditampilkan.

Menara Pandang Siring Tendean memang masih harus berbenah, kurangnya fasilitas pedagang menjadi penyebab. Ditambah lagi cafe-cafe sebagai pusat nongkrong dan kuliner yang belum rampung. Jadi kita harus bersabar hingga ikon wisata Banjarmasin ini layak untuk dipromosikan secara besar-besaran.

Apalagi jika rencana pembangunan fasilitas wisata kereta gantung tahun depan di sepanjang Siring Jalan Piare Tendean, berjalan mulus. Tentu akan bertambah lengkaplah objek wisata Menara Pandang ini. Semoga...
Protected by Copyscape Unique Content Checker