Sunday, December 11, 2016

3D di Taman Wisata Van Der Pijl Banjarbaru

Taman Van Der Pijl Banjarbaru belakangan mulai ramai lagi dibicarakan di sosial media sejak hadirnya wahana baru lukisan 3D. Foto selfie anak muda Banjarbaru dan Banjarmasin di wahana ini bermunculan diberbagai channel sosmed dan dipercaya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata Banjarbaru.
Taman Van Der Pijl Banjarbaru
Foto Facebook Ratna Agung
Pemko Banjarbaru menjadi penggagas adanya wahana gratis lukisan 3D di Taman Wisata Van Der Pijl ini, yang sebelumnya sempat kehilangan pengunjung sejak ditinggalkan aneka primata dan burung di dalam kandangnya. Konon wahana selfie ini menelan biaya sebesar Rp200 juta rupiah.

Terinspirasi oleh De Mata Trick Eye Museum di Yogyakarta, lukisan 3D dibuat oleh seniman asal Kota Batu, Jawa Timur, dan terpasang di tower PDAM juga dibawah pohon Taman. Rencananya ada 13 tema lukisan 3D yang akan dipasang, sepuluh untuk outdoor dan tiga indoor.

Taman Van Der Pijl sendiri merupakan sebuah ruang terbuka hijau yang berada di pusat Kota Banjarbaru, letak kota ini sangat dekat dengan Banjarmasin, jadi tidak terlalu sulit dijangkau oleh wisatawan domestik yang berkunjung ke Banjarmasin.

Taman ini tak terlalu luas, namun dilengkapi banyak pohon yang besar dan rimbun, sehingga membuat suasananya cukup nyaman dan menjadi tempat favorit warga yang ingin bersantai. Letaknya di Jalan Ahmad Yani Km 34,5, Loktabat Utara, Banjar Baru, cukup mudah ditemukan karena berada dipinggir jalan utama.

Taman Van Der Pijl ramai dikunjungi pada jam  9-11 siang dan sore hari hingga malam. Di sini ada beberapa wahana permainan lainnya buat anak-anak seperti kereta mini, memancing ikan mainan, becak mini, mobil-mobilan, odong-odong, rumah balon, dan sebagainya.

Asal usul nama taman ini diambil dari tokoh utama pembangunan Kota Banjarbaru yaitu seorang arsitektur kelahiran Brakel, Belanda yang bernama Ir. D. A. W. Van Der Pijl. Sehingga taman ini diberi nama “Taman Van Der Pijl” untuk memberikan penghargaan pada tokoh tersebut.
Protected by Copyscape Unique Content Checker