Thursday, December 1, 2016

Sambal Acan n Panties Pizza Jadi Tren Wisata Kuliner Banjarmasin

Wisata Banjarmasin tak melulu tentang Sungai dan Pasar Terapung. Karena selain wisata dari produk kebudayaan tersebut, disini Kuliner Banjarmasin juga cukup menarik untuk dijajal. 

Sepanjang 2016, melalui riset tren di berbagai channel media sosial dan Google, Banjarmasin Pedia menemukan setidaknya ada 2 wisata kuliner Banjarmasin yang baru dan sangat ngehits. Riset media sosial Banjarmasin Pedia didasarkan pada jumlah foto selfie yang diunggah, check in dan postingan status serta penggunaan kata kunci terkait di mesin mbah Google. Dari data yang disajikan kemudian diketahui ada wisata kuliner di Banjarmasin yang tengah popular sepanjang tahun 2016 ini, apa saja ?! Berikut ulasannya.

Sambal Acan Banjarmasin

Sambal Acan Raja Banjar merupakan salah satu rumah makan yang spesial menyediakan menu masakan khas Banjar. Kuliner asli Banjarmasin ini berada di Jalan Lambung Mangkurat seberang Hotel Victoria Banjarmasin. Wajar jika rumah makan ini kemudian ngehits, karena orang Banjar di Kalimantan Selatan menggemari sambal tradisional yang terkenal sedap yaitu sambal acan.
Sambal Acan Banjarmasin
Foto dayahsh via IG
Sambal acan biasanya disajikan dengan campuran buah-buah lokal Kalimantan Selatan yang segar pengundang selera makan seperti limau wangkang, ramania (gandaria), hampalam atau mangga asam, terong asam dan binjai. Buah-buah itu biasanya dicampurkan ke sambal sebelum disajikan. Dan Sambal Acan Raja Banjar disajikan kental, tidak seperti sambal acan pada umumnya yang agak cair. Hal itu bisa terjadi karena sambal ini tidak menggunakan air.

Salah satu keunggulan rumah makan ini adalah sambal acannya yang bervariasi. Ada sambal acan limau, sambal acan mangga, sambal acan binjai dan sambal acan ramania. Sementara menu andalan Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar yaitu masakan ikan bakar, ikan goreng, ayam bakar dan goreng, lengkap dengan lalapannya. Termasuk juga menu ikan khas Banjarmasin seperti haruan batanak dan pais papuyu.

Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar buka mulai pukul 09.00- 17.00 Wita. Selain melayani pengunjung yang makan di tempat, juga melayani pesanan nasi kotak.

Panties Pizza Banjarmasin

Adalah salah satu resto pizza yang berlokasi di Jalan Sultan Adam No. 12, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Resto ini ikut menambah daftar jajanan kuliner eropa di Banjarmasin. Saat baru launching seminggu, Panties Pizza Banjarmasin ini sudah didatangi ribuan pengunjung.
Kuliner Banjarmasin
kuliner jenis Pizza ini hadir di Banjarmasin dengan inovasi pada sajian khas italia yang terkenal di seluruh belahan dunia. Model Pizza lipat ini ada sejak 2012 di Kota Solo. Calzone yang berasal dari Naples, Italia. Di Italia, Calzone biasa disebut dengan Pizza Celana atau Pizza Lipat dengan filling yang variatif.

Pizza khas Roti Italia berbentuk bundar dan dipotong dipotong menjadi beberapa bagian tentu sudah tak asing lagi, namun di Panties Pizza ini, pizza-nya setengah bundar kemudian diberi isi daging, saus dan keju, topingnya ada di dalam pizza seperti kebab hingga membuatnya berbeda dengan pizza lainnya.
Protected by Copyscape Unique Content Checker